DAERAH

Meriah, Ribuan Warga Muba Tumpah Ruah Ramaikan Festival Bongen

Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, foto bersama saat menghadiri Festival Bongen 2022 di Sekayu, Sabtu (24/9/2022) malam. (Istimewa)
Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, foto bersama saat menghadiri Festival Bongen 2022 di Sekayu, Sabtu (24/9/2022) malam. (Istimewa)


SEKAYU - Festival Bongen 2022 membuat ribuan warga Kabupaten Musi Banyuasin tumpah ruah memenuhi Jalan Kolonel Wahid Udin, Sekayu, di depan Rumah Dinas Bupati, pada Sabtu (24/9/2022) malam.

Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, yang secara resmi membuka acara tersebut mengatakan, Festival Bongen merupakan agenda tahunan Pemkab Muba yang seyogyanya diselenggarakan di Water Front Sekayu saat musim kemarau tiba, dengan ditandai munculnya bongen atau pasir di dasar Sungai Musi.

Dia berharap festival ini dapat menghibur masyarakat Muba yang selama masa oandemi COVID-19 tidak ada hiburan di ruang publik.

"Sudah lama kita tidak mendapat hiburan semenjak COVID-19. Dan alhamdulillah kita Kabupaten Muba memberanikan diri untuk melaksanakan kegiatan yang mengundang kerumunan masyarakat banyak karena kita sudah di atas 80 persen sudah dilaksanakan vaksin," ujar Apriyadi.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka rangkaian memperingati Hari Jadi Ke-66 Kabupaten Muba yang acara puncaknya pada tanggal 28 September 2022.


"Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka menuju hari puncaknya. Sudah beberapa kegiatan telah dilaksanakan termasuk turnamen futsal, adventure off-road ekstrim," beber Apriyadi.

Selain memberikan hiburan kepada masyarakat, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggairahkan kembali pedagang kecil atau pelaku UMKM khususnya di Sekayu.

"Saya juga mengimbau dan mengajak kita semua agar sama-sama menjaga ketertiban kegiatan-kegiatan yang dilakukan terutama kegiatan malam hari ini. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan karena masyarakat sengaja kita undang untuk sama-sama berbahagia dalam rangka menyongsong Hari Jadi Kabupaten Muba yang ke-66," pungkas Apriyadi.

Acara dilanjutkan dengan penampilan kesenian-kesenian khas Bumi Serasan Sekate, seperti Senjang dan tari tradisional.

Tampak hadir di antaranya Wali Kota Pagaralam, Alfian; Ketua DPRD Muba, Sugondo; Dandim 0401 Muba, Letkol Arm Dede Sudrajat; Kapolres Muba, AKBP Siswandi; Pj Ketua TP PKK Muba, Asna Aini Apriyadi; Kacab Bank Sumsel-Babel, Dede Abdul Halim; Direktur PT MEP, Agus Raflen, Ketua Pengadilan Agama Sekayu, Syarkawi; dan Kadispopar Muba, M Fariz serta para kepala perangkat daerah Muba.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo