POLHUKAM

PILPRES 2024

CSIS: Elektabilitas Ganjar Pranowo Masih Ungguli Prabowo

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)


JAKARTA - Center for Strategic and International Studies (CSIS) melakukan simulasi nama-nama yang memiliki elektabilitas tinggi sebagai bakal calon presiden. 

Pada simulasi 14 nama, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, menempati posisi teratas.

"Jika simulasi 14 nama, Pak Ganjar Pranowo 25,9 persen, kemudian Pak Prabowo 19,2 persen dan Pak Anies Baswedan 18,1 persen. Masih dalam rentang margin of error karena survei kita margin of error-nya  2,8," jelas Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes, saat memaparkan hasil survei yang diikuti secara daring, Senin (26/9/2022).

Menurut dia, pada simulasi 14 nama ini memang terjadi gap begitu tinggi. Hanya ada empat nama yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi, sementara sisanya di bawah 5 persen.

"Nama-nama lain masih rendah sekali. Gap-nya terlalu tinggi, bahkan di bawah lima persen," ujar Arya.


Sementara, untuk simulasi tujuh nama terjadi perubahan terhadap perolehan elektabilitas. Misal, dari simulasi 14 nama Ganjar mendapat perolehan 25,9 persen, namun pada simulasi tujuh nama Ganjar memperoleh elektabilitas 26,9 persen, kemudian disusul Prabowo Subianto 20,1 persen, Anies Baswedan 19,9 persen dan Ridwan Kamil 17,5 persen.

"Jadi memang terjadi perubahan, sebelumnya Pak Ganjar 25,9 persen kemudian Pak prabowo 19,2, Pak Anies 18,1," beber Arya.

Populasi survei CSIS adalah WNI yang tersebar di 34 provinsi berusia 17-39 tahun saat survei dilakukan. Menggunakan metode multistage random sampling, jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar secara proporsional. Setelah dilakukan proses kendali mutu, data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192 sampel. 

Hasil survei mendapati tingkat kesalahan (margin of error) sebesar 2,84 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo