POLHUKAM

PEMILU 2024

Soal Nomor Urut Parpol, Wibi: Sebaiknya Tidak Perlu Ganti

Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Provinsi DKI JAkarta, Wibi Andrino. (Foto: Andri Widiyanto / MI)
Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Provinsi DKI JAkarta, Wibi Andrino. (Foto: Andri Widiyanto / MI)


JAKARTA - Ketua Fraksi Partai Nasdem DPRD Provinsi DKI Jakarta, Wibi Andrino mengatakan, dalam pemilihan umum (pemilu) 2024, partai-partai politik yang ada di Parlemen saat ini, baiknya memang tetap memakai nomor yang sama dengan pemilu sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Wibi merespons usulan Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Soekarnoputri soal nomor urut parpol di Pemilu 2024 tidak usah diganti.

Menurut Wibi, dengan tidak mengganti nomor parpol yang sudan ada, maka alat peraga kampanye seperti bendera partai dengan logo dan nomor dapat digunakan kembali.

“Memang baiknya tidak perlu ganti. Yang sudah ada di Parlemen pakai nomor lama saja. Kalau diganti alat peraga yang lama jadi tidak terpakai,” ujar Wibi kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Wibi melihat apa yang disampaikan Presiden ke-5 RI soal faktor efisiensi dan efektifitas. Untuk itu, pemerintah, penyelenggara pemilu dan Komisi II DPR RI yang membidangi tentang kepemiluan, dapat mempertimbangkan dengan cermat.


Soal menghindari pemborosan biaya politik, Wibi mengatakan memang tidak bisa dinafikan pendapat yang menyebut kampanye harus lebih dialogis. Namun, kata Wibi, harus dipahami. Kampanye dialogis memang perlu, akan tetapi kampanye dengan alat peraga tidak bisa diabaikan.

Sebelumnya, Megawati mengusulkan agar tidak perlu mengubah nomor urut Pemilu karena dianggap bisa menghemat anggara Pemilu. Selain itu, Megawati menyebut, alat kampanye di Pemilu sebelumnya tetap bisa dipakai, sehingga menghindari pemborosan biaya politik.

Editor: Saeful Anwar