POLHUKAM

Kornas PD Siapkan Saksi-saksi Kampanye Terselubung Anies Baswedan

Tabloid bernama KBA Newspaper. (Istimewa)
Tabloid bernama KBA Newspaper. (Istimewa)


JAKARTA - Masyarakat Sipil Peduli Demokrasi menduga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, dan relawannya telah melakukan kampanye terselubung dengan menyebarkan tabloid ke tempat ibadah.

Koordinator Nasional Peduli Demokrasi (Kornas PD), Miartiko Gea, menyampaikan, pihaknya telah menyerahkan bukti-bukti dugaan kampanye terselubung tersebut kepada Badan Pengawas Pemilu RI.

"Bukti tabloid, kita serahkan juga hard file," katanya kepada wartawan usai membuat laporan di Sentra Gakkumdu Bawaslu di Gedung Bawaslu, Jakarta, Selasa (27/9/2022).

Selain itu, Kornas PD juga telah mempersiapkan saksi-saksi yang mengetahui adanya kampanye terselubung yang dilakukan Anies Baswedan dan para relawannya.

"Iya saksi dari Malang, jaringan Kornas PD di sana," ujarnya.


Miartiko mengatakan, pihaknya pada Kamis (22/9/2022) mendapatkan informasi bahwa ada pembagian tabloid. Namun, aksi bagi-bagi tabloid di rumah ibadah baru terungkap pada Sabtu (24/9/2022).

Tabloid bernama KBA Newspaper tersebar di Kota Malang, Jawa Timur. Tabloid itu di antaranya dibagikan kepada jemaah Salat Jumat di Masjid Al Amin, Sukun, Kota Malang.

KBA Newspaper berisi 12 halaman dengan edisi cetak 28 Februari 2022 memajang foto Anies Baswedan dengan pose senyum. Tabloid dengan sampul depan berjudul "Mengapa Harus Anies?", seluruh isi kontennya mengulas soal prestasi dan capaian-capaian Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Dalam kotak redaksi KBA Newspaper tertera nama Ramadhan Pohan sebagai founder/CEO. Namun, tidak ada alamat jelas di mana kantor tabloid itu berada.


Video Terkait:
Tiktoker Anifah Kritik Gaji Anggota DPRD DKI Jakarta 26 Miliar
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo