WARNA-WARNI

Presiden Janji Tambah Bansos

Presiden RI, Joko Widodo di Kantor Pos Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev)
Presiden RI, Joko Widodo di Kantor Pos Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022). (Biro Pers Sekretariat Presiden / Laily Rachev)


JAKARTA - Presiden RI, Joko Widodo mengatakan pemerintah bisa kembali menambah bantuan sosial (bansos), jika terdapat kelebihan dana di Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Kepala Negara menyampaikan hal tersebut saat menyerahkan bansos kepada penerima manfaat di Kantor Pos Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, Rabu (28/9/2022).

“Nanti kalau APBN ada kelebihan lagi akan ditambahkan, ya," kata Presiden, sebagaimana keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Bantuan sosial yang diserahkan oleh Presiden yaitu bantuan masyarakat dari Presiden sebesar Rp1,2 juta, bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) untuk September dan Oktober sebesar Rp300 ribu, dan bantuan sembako.

"Jadi ini dapat amplop kan, dapat amplop Presiden ini, sudah terima semua ya? Ini isinya Rp1,2 juta, tambah yang satunya lagi BLT BBM isinya Rp300 ribu, cukup?" ujar Presiden.


Presiden berpesan kepada seluruh penerima agar memanfaatkan bantuan sosial untuk hal-hal produktif. Seperti, untuk anak sekolah, untuk kebutuhan gizi anak. Namun jangan untuk membeli hand phone.

Jangan beli hand phone, beli pulsa, beli baju baru, jangan dulu.

Berdasarkan data dari Kementerian Sosial, di Kabupaten Halmahera Barat terdapat 11.466 keluarga penerima manfaat (KPM) BLT BBM. Realisasi penyaluran BLT BBM di Kabupaten Halmahera Barat sendiri telah mencapai 76,83 persen atau sejumlah 8.847 KPM, per 26 September 2022.


Video Terkait:
Roy Suryo: Kerumunan Tanggung Jawab Siapa?
Editor: Saeful Anwar