POLHUKAM

Video Puan Cemberut Saat Bagi-bagi Kaos Viral, PDIP: Sudahlah

Ketua DPR RI, Puan Maharani (Net)
Ketua DPR RI, Puan Maharani (Net)


JAKARTA - Video Ketua DPR RI, Puan Maharani saat membagi-bagikan baju kaos kepada warga, viral di media sosial.

Dalam video viral, Puan tampak memakai baju hitam dan dikawal Satpol PP. Mbak Puan menjadi perhatian lantaran tidak ada senyum manis di raut wajahnya saat membagikan baju kaos kepada warga.

Video itu pun mengundang reaksi beragam. Pegiat media sosial Jhon Sitorus menyarankan Puan tidak perlu lagi berpura-pura merakyat.

"Merakyat itu tak bisa BERPURA2. WAJAH ASLI itu akan keluar begitu situasi membuat tak nyaman," tulis Jhon Sitorus di akun twitternya @Miduk17, Rabu (28/9/2022).

Jhon kemudian menyinggung latar belakang Mbak Puan yang tidak pernah merasakan susahnya hidup. Sebab, nampak Puan serasa tidak nyaman berada di tengah-tengah kerumunan warga.


"Bagaimana mau merakyat bila lahir di tengah kemewahan & nama besar?" ujar Jhon.

"Bagaimana mau merasa nyaman bila tak pernah memulai dari bawah bersama rakyat? Jangan dipaksakan, istrahatlah sejenak.”

Terkait hal tersebut, Ketua DPP PDIP, Said Abdullah mengatakan, Puan tidak marah maupun murung. Puan, kata dia, merasa kaget karena pengawal pribadinya di ring 1 juga memegang kaos.

“Mbak Puan setiap turun ke bawah, biasanya ada yang mengiringi. Ada 2 ring. Nah di ring 1, biasanya hanya ngamanin Mbak Puan tapi tidak memegang kaos, yang pegang kami-kami ini,” kata Said.

Said menjelaskan, Puan yang terlihat murung dikarenakan dia mengingatkan pengawal pribadinya. Dia menampik jika ekspresi Puan menunjukkan kurang merakyat.

Menurut Said, Puan sangat familiar dan humble jika bertemu dengan masyarakat. Jika tidak, kata dia, tidak mungkin Puan sampai rela turun ke bawah.

“Padahal Mbak Puan ingin turun ke bawah, kan tentu selain tugas-tugas beliau juga ingin tahu apa sih sesungguhnya yang diiinginkan oleh masyarakat, harapan masyarakat terhadap pemerintah. Kan begitu,” kata dia.

Dalam video yang beredar, Puan juga nampak membagikan kaos dengan cara dilempar ke masyarakat. Said mengatakan hal ini dilakukan agar masyarakat tidak berdesak-desakan dan mudah keluar dari kerumunan.

Menurut Said, apa yang dilakukan Puan sudah benar. Dia menyayangkan video Puan membagikan kaos tersebut viral di media sosial. Menurutnya, video tersebut ditafsirkan sedemikian rupa seakan-akan apapun yang dilakukan Puan serba salah.

“Nah, kemudian itu dibuat gimmick sedemikian rupa. Sudahlah. Kita ini kalau mau berpikir sehat, apa iya turun ke masyarakat tiba-tiba marah-marah, muka ditekuk, apa iya?,” ujarnya.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Saeful Anwar