POLHUKAM

PILPRES 2024

Khofifah Masuk Radar Cawapres

Jubir PKS, Muhammad Kholid. (Pks.id)
Jubir PKS, Muhammad Kholid. (Pks.id)


JAKARTA - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyatakan bahwa Partai Nasdem dan Partai Demokrat telah mengajukan nama kandidat calon wakil presiden untuk dibicarakan, agar bisa diusung bersama di Pilpres 2024.

Juru Bicara PKS, Muhammad Kholid, membeberkan, Partai Demokrat mengajukan nama Agus Harimurti Yudhoyono, sementara Partai Nasdem mengusulkan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, dan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

"Tentu kami juga sangat menghormati aspirasi dari Demokrat yang ajukan AHY, Ketum PD atau Nasdem yang kabarnya akan ajukan Panglima TNI Andika Perkasa atau Khofifah Gubernur Jatim,"jelasnya, Selasa (27/9/2022).

Kholid mengatakan, penjajakan koalisi antara partainya bersama Demokrat dan Nasdem masih terbilang dinamis. Begitu pula dengan sosok capres-cawapres yang akan diusung bersama.

PKS pun telah mengajukan beberapa nama kadernya antara lain Ahmad Heryawan, Irwan Prayitno serta Hidayat Nurwahid. Selain ketiga tokoh itu, ada pula nama Presiden PKS, Ahmad Syaikhu, dan Wakil Ketua Majelis Syuro Mohamad Sohibul Iman yang turut diajukan PKS sebagai cawapres.


"Yang paling potensial menang, yang paling punya kapasitas memimpin bangsa, yang paling mampu menyatukan seluruh elemen bangsa," ujar Kholid, dikutip dari CNNIndonesia.com.

Diketahui, PKS tengah menjajaki koalisi dengan Partai Demokrat dan Partai Nasdem untuk menghadapi Pilpres 2024 mendatang. Petinggi masing-masing partai sudah saling bertemu. Akan tetapi, mereka belum resmi membentuk koalisi. Penjajakan masih berlangsung.

Tidak seperti Partai Gerindra dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP)-Partai Golkar-Partai Amanat Nasional (PAN) yang sudah resmi membentuk koalisi menghadapi Pilpres 2024. Namun, semuanya juga belum menentukan siapa capres-cawapres yang akan diusung.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Rabu, 28 September 2022.


Video Terkait:
Gubernur Jatim Positif Covid-19 Kedua Kali
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo