DAERAH

PGN Beri Kado Sambungan 2.500 Jargas Untuk Warga Muba

Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, dan Direktur Sales dan Operasi PT PGN, Faris Azis, menunjukkan dokumen MoU alokasi 2.500 sambungan jaringan gas untuk warga Muba disaksikan langsung Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, di Sekayu, Rabu (28/9/2022). (Ist
Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, dan Direktur Sales dan Operasi PT PGN, Faris Azis, menunjukkan dokumen MoU alokasi 2.500 sambungan jaringan gas untuk warga Muba disaksikan langsung Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, di Sekayu, Rabu (28/9/2022). (Ist


SEKAYU - Kado luar biasa diperoleh masyarakat Kabupaten Musi Banyuasin di hari jadi ke-66 pada tahun ini. 

Pasalnya, PT Pertamina Gas Negara (PGN) Pusat mengalokasikan sebanyak 2.500 sambungan jaringan gas atau jargas untuk warga Muba. 

Hal ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) oleh Direktur Sales dan Operasi PT PGN, Faris Azis, didampingi Direktur Infrastruktur dan Teknologi PT PGN, Achmad Muchtasyar, dengan Penjabat Bupati Muba, Apriyadi, usai Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kabupaten Musi Banyuasin Dalam Rangka Peringatan Hari Jadi Ke-66 Kabupaten Musi Banyuasin di Gedung DPRD Musi Banyuasin, Sekayu, Rabu (28/9/2022). 

"Alhamdulillah kini Muba mendapatkan tambahan sambungan Jargas dari PT PGN Pusat sebanyak 2.500 sambungan jargas yang disalurkan di Kecamatan Sekayu. Tentu ini tidak terlepas dari support dan dukungan PT PGN Pusat serta masyarakat Muba," kata Apriyadi.  

Dia menjelaskan, dengan adanya sambungan rumah (SR) jargas ke rumah-rumah warga secara merata tentu dapat menjadi andil dalam menekan angka kemiskinan di Kabupaten Muba. 


"Warga itu kalau dapat sambungan jargas biaya pemakaiannya lebih murah dan mereka terbantu. Dibandingkan membeli gas tabung yang juga sering sulit diperoleh warga," ujar Apriyadi. 

Sementara itu, Direktur Sales dan Operasi PT PGN, Faris Azis, mengapresiasi giatnya Penjabat Bupati Muba yang sangat maksimal memperjuangkan alokasi sambungan jargas untuk masyarakat. 

"Semoga jargas ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Muba. Dan ke depan jargas untuk Kabupaten Muba akan diinventarisir, agar dapat menyasar ke seluruh masyarakat Muba," jelasnya.

Dia mengatakan bahwasanya Kabupaten Muba kaya akan sumber daya alam (SDA) dan merupakan wilayah lumbung energi. 

"Jadi, apa yang menjadi kekayaan di Muba ini harus dirasakan secara langsung oleh masyarakatnya. Tahun ini segara akan kita sambungkan jargas sebanyak 2.500 di Kecamatan Sekayu. Ke depannya kita akan terus lakukan penambahan jargas, baik itu kecamatan yang ada di Muba maupun di kabupaten/kota lainnya," papar Faris.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda) Muba, Sunaryo, merinci, di Kabupaten Muba sudah mendapatkan kuota pemasangan jargas SR warga sejak tahun 2017 dengan total SR sebanyak 6.031.

"Kemudian, di tahun 2020 mendapatkan 4.385 SR di Sekayu, 2.995 SR di Sungai Lilin dan 782 SR di Bayung Lencir. Dan di tahun 2022 ini mendapatkan 2.925 SR di Bayung Lencir yang saat ini dikerjakan di tiga desa dan satu kelurahan," urainya.


Video Terkait:
Gubernur Sumsel Umumkan Nama Anak Percha Leanpuri
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo