POLHUKAM

PILPRES 2024

Relawan Yakin Megawati Pilih Ganjar Ketimbang Puan

Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania, Immanuel Ebenezer. (Detik.com)
Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania, Immanuel Ebenezer. (Detik.com)


JAKARTA - Relawan Ganjar Pranowo optimistis Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah itu sebagai calon presiden di 2024.

Ketua Relawan Ganjar Pranowo Mania, Immanuel Ebenezer, meyakini dalam memutuskan sosok yang akan diusung sebagai capres, Megawati akan rasional dibanding emosional. Dia menilai, Megawati akan mengutamakan tokoh dengan elektabilitas tinggi seperti Ganjar Pranowo yang terbukti unggul dalam sejumlah survei, dibandingkan putrinya sendiri Puan Maharani yang hingga kini elektabilitasnya belum mengalami peningkatan serius.

"Saya yakin sekali Bu Mega akan rasional dalam mengambil keputusan. Tidak mungkin mengambil pilihan-pilihan yang emosional atau memilih anaknya (Puan Maharani). Saya yakin bahwa 2024 nanti pilihan terbaik yang akan diambil PDIP memilih Mas Ganjar, itu pilihan yang rasional," jelas Immanuel dalam program Sapa Indonesia Malam, Kompas TV, Rabu (28/9/2022). 

Dia mengatakan, PDIP secara rasional harus mempertimbangkan kandidat dengan dampak elektoral yang tinggi. Sebab, tujuan partai dalam kontestasi politik adalah untuk meraih kemenangan.

"Harus dipahami, tujuan partai adalah mendapatkan kemenangan. Jadi tidak mungkin memilih pilihan yang kalah, itu hal yang tidak rasional," ujar Immanuel.


Hal tersebut yang kemudian membuat relawan semakin yakin Ganjar Pranowo akan terpilih sebagai capres dari PDIP, lantaran Gubernur Jateng itu dinilai dapat meningkatkan elektoral partai.

"Ganjar selain elektabilitas juga memiliki dampak elektoral, apalagi nanti di 2024 selain pemilihan presiden, legislatif dan kepala daerah. Nah, di tiga ini partai harus mencari kandidat yang memiliki elektoral. Jawabannya cuma satu Mas Ganjar," bebernya.

"Apalagi kita lihat hasil kajian dari survei CSIS kelompok milenial yang 54 persen ini suka sekali isu-isu perubahan dan itu dilakukan Mas Ganjar," Immanuel menegaskan.

Diketahui, Ganjar Pranowo masih menjadi kandidat bakal capres dengan elektabilitas tertinggi berdasarkan hasil penelitian di berbagai lembaga survei.

Terbaru, survei yang diselenggarakan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan Gubernur Jateng tersebut memiliki elektabilitas tertinggi sebagai capres di kalangan pemilih muda usia 17-39 tahun.

Berdasarkan simulasi 14 nama, Ganjar tecatat memiliki elektabilitas sebesar 25,9 persen, mengungguli nama-nama besar lain seperti Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Tak hanya di simulasi 14 nama, Ganjar juga unggul dalam simulasi tujuh nama dengan elektabilitas sebesar 26,9 persen. Dia berhasil mengungguli Prabowo dengan 20,1 persen dan Anies di posisi ketiga dengan 19,9 persen.

Ganjar kembali duduk di possi teratas pada simulasi tiga nama, di mana dia memiliki elektabilitas sebesar 33,3 persen, mengungguli Prabowo yang meraih 27,5 persen dan Anies 25,7 persen.

Artikel ini juga bisa Anda baca di Koran Info Indonesia edisi Kamis, 29 September 2022.


Video Terkait:
Ganjar-Sandiaga Bisa Jadi Pemain Cadangan di Pilres 2024
Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo