POLHUKAM

Parsindo Belum Serahkan Dokumen Perbaikan ke KPU

Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI, Idham Holik. (Detik.com)
Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI, Idham Holik. (Detik.com)


JAKARTA - Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) belum melakukan perbaikan dokumen persyaratan pendaftaran sebagai calon peserta Pemilu 2024.

"Belum menyerahkan (dokumen perbaikan). Yang bersangkutan artinya tidak memperbaiki. Partai tersebut tidak memperbaiki hasil verifikasi administrasi," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggara Pemilu KPU RI, Idham Holik, saat dihubungi wartawan, Kamis (29/9/2022).

Dia menjelaskan, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 4 Tahun 2022, KPU akan mengumumkan hasil verifikasi administrasi pada 14 Oktober 2022. Dalam pengumuman tersebut akan diketahui partai politik yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS) maupun Memenuhi Syarat (MS).

"Dalam hasil verifikasi administrasi dan pengumuman nanti 14 Oktober 2022 itu ada dua status yang akan diberikan," ujar Idham.

Bagi sembilan partai politik yang sudah duduk di parlemen tidak akan diberlakukan verifikasi faktual ketika lolos verifikasi administrasi. Hal itu berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 55/PU/XVIII/2020.


Selanjutnya, bagi partai politik non-parlemen yang lolos verifikasi administrasi akan dilanjutkan ke tahap verifikasi faktual yang dilaksanakan pada 15 Oktober hingga 4 November 2022.

"Pelaksanaan verifikasi faktual yang akan dilakukan oleh KPU RI melibatkan KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota Se-Indonesia," pungkas Idham.

Berikut 23 partai politik calon peserta Pemilu 2024 yang telah melakukan perbaikan dokumen persyaratan pendaftaran ke KPU hingga akhir waktu pada Rabu (28/9/2022) pukul 23.59 WIB.

1. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
2. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
3. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
4. Nasional Demokrat (Nasdem)
5. Partai Demokrat
6. Partai Amanat Nasional (PAN)
7. Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra)
8. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
9. Partai Golongan Karya (Golkar)
10. Partai Persatuan Indonesia (Perindo)
11. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
12. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
13. Partai Gelora
14. Partai Bulan Bintang (PBB)
15. Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura)
16. Partai Rakyat Adil Makmur (Prima)
17. Partai Ummat
18. Partai Buruh
19. Partai Republik
20. Partai Garuda
21. Partai Republik Satu
22. Partai Republiku Indonesia
23. Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Indonesia. 

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo