POLHUKAM

Uni Eropa Satu Suara, Tolak Pencaplokan 4 Wilayah Ukraina

Bendera Uni Eropa (Net)
Bendera Uni Eropa (Net)


JAKARTA - Sebanyak 27 negara anggota Uni Eropa satu suara untuk menolak dan mengecam secara tegas pencaplokan ilegal empat wilayah Ukraina oleh Rusia.

"Rusia mengancam keamanan global," begitu kutipan dari pernyataan gabungan negara-negara anggota, yang mengutuk pencaplokan wilayah Donetsk, Luhansk, Zaporizhzhia dan Kherson di Ukraina.

Uni Eropa menegaskan sikap bahwa mereka tidak akan mengakui referendum ilegal yang direkayasa Rusia sebagai dalih untuk melanggar lebih jauh kemerdekaan, kedaulatan dan integritas wilayah Ukraina, atau pencaplokan wilayah secara ilegal.

"Krimea, Kherson, Zaporizhzhia, Donetsk dan Luhansk adalah Ukraina," tulis pernyataan itu.

"Keputusan ini batal demi hukum dan tidak akan berdampak terhadap hukum apa pun," tegas pernyataan yang sama, sebagaimana dikutip Anadolu.


Negara-negara anggota juga meminta negara lain untuk mengambil sikap yang sama dan tidak mengakui pencaplokan yang mengacaukan tatanan internasional yang berbasis aturan, seperti Piagam PBB dan secara terang-terangkan melanggar hak-hak fundamental Ukraina.

Blok tersebut juga menegaskan kembali dukungannya untuk Ukraina dan berjanji akan terus mendesak Rusia agar mengakhiri perang.

Editor: Amelia