OLAHRAGA

Komisi X DPR RI: Jangan Tutupi Fakta Penyebab Kericuhan Kanjuruhan!

Situasi pasca Tragedi Kanjuruhan (Net)
Situasi pasca Tragedi Kanjuruhan (Net)


JAKARTA - Komisi X DPR RI meminta agar tragedi Kanjuruhan, Malang diselidiki secara serius dengan mencari tahu pemicu terjadinya kerusuhan dan rangkaian dari tragedi tersebut.

"Sehingga tidak terjadi kesalahan atau upaya untuk menutup-nutupi fakta-fakta penyebab pemicu dan rentetan peristiwa yang mengikuti tragedi. Sehingga, terjadi korban yang begitu banyak," kata Anggota Komisi X DPR RI, Andreas Pareira kepada Info Indonesia, Selasa (4/10/2022).

Dia menjelaskan, pengungkapan peristiwa itu penting untuk menghukum pihak-pihak yang harus bertanggung jawab atas tragedi tersebut. Selain itu, peristiwa di Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur bisa menjadi pembelajaran bagi seluruh pihak.

"Agar peristiwa-peristiwa yang sama atau serupa tidak terjadi lagi pada massa-massa yang akan datang," terangnya.

Politisi PDIP ini menuturkan bahwa peristiwa itu sangat mencoreng wajak sepak bola di Indonesia. Dimana sepak bola Indonesia sedang membenah diri untuk meningkatkan prestasi Tim Nasional (Timnas) Indonesia.


"Persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan berbagai event Internasional yang akan berlangsung di Tanah Air," katanya.

"Peristiwa ini menunjukan bahwa sepak bola atau dunia olahraga pada umumnya selain prestasi atlet sebagai hal utama, juga menyangkut berbagai aspek lain termasuk manajemen keamanan event pertandingan," sambungnya.

Andreas mengatakan, tragedi Kanjuruhan menunjukan manajemen keamanan event olahraga di Indonesia khususnya sepak bola jauh dari kata profesional.

"Manajemen pendukung tim sepak bola yang semakin hari semakin membludak tidak bisa lagi ditangani dengan pola gerombolan seperti saat ini," demikian Andreas. 

Editor: Amelia