DAERAH

Puspaga Muba Sosialisasikan Peningkatan Kualitas Asuh Anak

Ketua Puspaga Kabupaten Muba, Asna Aini Apriyadi, bernyanyi baersama anak-anak dalam Sosialisasi Forum Puspaga di SMAN 2 Unggul, Sekayu, Selasa (4/10/2022). (Istimewa)
Ketua Puspaga Kabupaten Muba, Asna Aini Apriyadi, bernyanyi baersama anak-anak dalam Sosialisasi Forum Puspaga di SMAN 2 Unggul, Sekayu, Selasa (4/10/2022). (Istimewa)


SEKAYU - Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) merupakan tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesional seperti konselor, baik psikolog atau sarjana bidang psikologi.

Hal tersebut disampaikan Ketua Puspaga Kabupaten Musi Banyuasin, Asna Aini Apriyadi, saat membuka Sosialisasi Forum Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kabupaten
Muba di Cafeteria SMAN 2 Unggul, Sekayu, Selasa (4/10/2022). 

Dia mengatakan, Forum Puspaga merupakan forum yang dibentuk dan diinisiasi oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) sejak 2017 tersebar di seluruh kabupaten/kota di provinsi. Forum ini sebagai mitra bagi pemerintah daerah dalam mendukung program DPPPA Kabupaten Muba. 

"Seperti permasalahan stunting dan perlindungan terhadap anak. Untuk itu, saya harapkan yang berkesempatan hadir di sini bisa mengikuti sosialisasi dengan baik, agar ilmu yang diterima dapat bermanfaat serta menjadi ladang amal buat kita semua. Semoga anak-anak SMAN 2 Unggul, Sekayu, dapat menjadi agen penerus perpanjangan kami pada Forum Puspaga," jelas Asna Aini. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Muba, Dewi Kartika, menyampaikan, Puspaga punya peranan sangat penting dan perlu didorong. Dia mengatakan, keberadaan Puspaga untuk mengedukasi masyarakat dan bagaimana keluarga dapat menjadi pendidik utama. 


Permasalahan anak sebagai kelompok rentan menunjukkan keprihatinan banyak pihak. Di sisi lain, banyaknya permasalahan keluarga yang timbul bagaikan fenomena, permasalahan yang dapat diketahui hanya sebagian kecil dari puluhan ribu permasalahan yang ada. Dengan adanya program unggulan Puspaga untuk mengatasi masalah ini. 

"Semoga melalui kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk selalu melindungi dan mendedikasikan anak-anak sebagai penerus bangsa," tandas Dewi.

Editor: Wahyu Sabda Kuncahyo