OLAHRAGA

Piala Dunia 2022: Inggris vs Iran

The Three Lions Unggul Kualitas Pemain, Iran Potensi Bikin Kejutan

Logo Piala Dunia 2022 Qatar
Logo Piala Dunia 2022 Qatar


JAKARTA – Laga kedua Piala Dunia 2022 Qatar akan mempertemukan Inggris melawan Iran di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Senin (21/11/2022) pukul 20.00 WIB.

Skuad Inggris tentu saja sangat diunggulkan pada pertandingan ini, mengingat materi pemain yang lebih mumpuni dibandingkan Iran. Apalagi, pemain-pemain The Three Lions adalah yang bermain di Premier League, liga paling ketat di Eropa.

Meski begitu, Iran juga tidak bisa dianggap sebelah mata. Sebab, tim asal Timur Tengah ini bisa saja memberikan kejutan untuk juara dunia 1966 tersebut.

Penampilan Inggris dan Iran pada beberapa laga sebelum Piala Dunia juga patut menjadi catatan. Sebab, dalam lima pertandingan terakhir sebelum event sepak bola terbesar di dunia ini, Iran mencatatkan hasil yang lebih baik daripada Inggris.

Tim yang ditukangi Carlos Queiroz itu meraih tiga kemenangan, sekali imbang, dan hanya sekali tumbang. Sedangkan, Harry Kane dkk dua kali tumbang dan tiga kali bermain imbang. Dua kekalahan Inggris dialami dalam ajang UEFA Nations League 2022/2023 Liga A Grup 3 atas Hungaria dan Italia.


Jika melihat prestasi tersebut, Iran bisa dibilang unggul secara head to head dan berpotensi meraup hasil positif dalam membuka gelaran Piala Dunia 2022.

Sementara, Inggris memiliki keunggulan dari sisi kualitas individu pemain. Sejumlah bintang Premier League turut memenuhi skuad asuhan Gareth Southgate. Salah satu bintang yang dapat bersinar adalah Jack Grealish.

Pilar termahal dengan nilai transfer USD100 juta ini sudah membuktikan kualitasnya bersama Manchester City. Dia sudah tampil dalam 39 pertandingan di semua kompetisi untuk pasukan arahan Pep Guardiola.

Manajer Timnas Inggris, Gareth Southgate, berharap kualitas individu para pemain dapat dimaksimalkan untuk hajatan mendatang.

"Kami memberi mereka fondasi dan mempersiapkan untuk pertandingan. Tetapi, dengan bakat yang mereka miliki, kami ingin mereka bisa mengerahkannya. Itu bisa membuat perbedaan dalam permainan," kata Southgate.

Southgate diprediksi bakal menampilkan Harry Kane sebagai bomber tunggal. Dua pemain yang dapat dipasang di sampingnya ialah Mason Mount, Raheem Sterling, atau Jack Grealish.

Sedangkan, Iran akan bertumpu pada Mehdi Taremi sebagai juru gedor. Selain itu, Carlos Queiroz juga mempunyai Karim Ansarifard dan Sardar Azmoun dalam membantu serangan.

Selain Inggris dan Iran, di Grup B juga terdapat Amerika Serikat dan Wales.

 

Perkiraan Susunan Pemain Inggris vs Iran

Inggris (3-4-2-1): Jordan Pickford; John Stones, Harry Maguire, Eric Dier; Kieran Trippier, Luke Shaw, Declan Rice, Jude Bellingham; Mason Mount, Raheem Sterling; Harry Kane.

Pelatih: Gareth Southgate.

 

Iran (4-3-2-1): Alireza Beiranvand; Sadegh Moharrami, Morteza Pouraliganji, Shojae Khalilzadeh, Ehsan Hajsafi; Saeid Ezatolahi, Saman Ghoddos, Alireza Jahanbakhsh; Karim Ansarifard, Sardar Azmoun; Mehdi Taremi.

Pelatih: Carlos Queiroz.

Editor: Rusdiyono