POLHUKAM

Dukung Pernyataan Jokowi Soal Bahaya Politik Identitas, Jokpro: Tiga Periode Jalan Tengah



JAKARTA - Komunitas Jokowi-Prabowo (Jokpro) 2024 menegaskan, pernyataan yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo di acara MUNAS ke-17 HIPMI, untuk menghindari politik identitas dinilai sudah sangat tepat. 

Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Jokpro 2024, Timothy Ivan Triyono melalui keterangan tertulis kepada Info Indonesia, Selasa (22/11/2022).

"Pernyataan Pak Jokowi hari ini di MUNAS ke-17 HIPMI terkait politik identitas itu sangat tepat dan sejalan dengan tujuan Jokpro (Jokowi-Prabowo) selama ini ya," ucapnya.

Dia mengatakan, sejak awal Jokpro selalu menyuarakan bahayanya politik identitas. KTa dia, politik identitas dapat menyebabkan polarisasi ekstrem di Pemilu 2024.

Dia menilai, figur atau elit parpol yang kerap menggunakan isu SARA sebagai senjata politiknya tidak boleh diberikan panggung di ruang publik. Sebab, akan menimbulkan perpecahan di masyarakat.


"Sudah cukup keterbelahan yang kita rasakan selama ini," ujarnya.

Oleh karena itu, dia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung ide ataupun gagasan memasangkan Presiden Jokowi dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

Menurutnya, dengan memasangkan kedua tokoh tersebut di Pilpres 2024 akan meredam polarisasi di masyarakat. Tidak hanya itu, dia menilai langkah tersebut sangat efektif untuk mencegah penggunaan politik identitas.

"Maka dari itu, kami bersama seluruh keluarga besar Jokpro 2024 mengajak elemen masyarakat lain untuk sama-sama dan mendukung ide/gagasan kami. Jokowi 3 periode adalah jalan tengah titik temu bagi semuanya," tandasnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan agar para calon presiden dan wakil presiden tidak menggunakan politik identitas dalam kontestasi pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang. 

Presiden menegaskan bahwa politik identitas sangat berbahaya bagi Indonesia. Sehingga, politisasi agama serta SARA sebaiknya dihindari.

“Hindari ini. Lakukan politik gagasan, politik ide. Tapi jangan masuk ke politik SARA, politisasi agama, politik identitas jangan,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan pada Musyawarah Nasional Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) 2022 yang digelar di Solo (21/11/2022).

Editor: Akbar Budi Prasetya