OLAHRAGA

Preview Piala Dunia 2022: Wales vs Iran

Iran Butuh Motivasi, Wales Jangan Kecolongan Lagi

Ilustrasi Wales vs Iran
Ilustrasi Wales vs Iran


JAKARTA – Laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 Qatar akan mempertemukan Iran melawan Wales di Stadion Ahmad Bin Ali, sore ini. Kemenangan menjadi harga mati bagi Iran untuk mempertahankan asa lolos ke 16 besar.

Pada laga perdana, Senin (21/11/2022), Iran harus menanggung malu setelah dicukur Inggris dengan skor 6-2.

Meski melawan Wales juga cukup berat, Iran bisa mengambil motivasi dari keberhasilan dua wakil Asia, Arab Saudi dan Jepang, yang sukses mengalahkan mantan juara dunia, yakni Argentina dan Jerman.

Kemenangan Arab Saudi dan Jepang seharusnya memicu Iran untuk menciptakan hal yang sama.

Di sisi lain, Wales tentu tak mau kecolongan setelah hanya bisa bermain imbang melawan Amerika Serikat yang berkesudahan 1-1. Wales harus menaklukkan Iran agar posisi mereka lebih aman menuju babak knockout.


Hasil ini tak lepas dari perubahan taktik yang diambil pelatih Rob Page pada babak pertama saat dia memasukkan Kieffer Moore yang mengubah pendulum laga. Page mengaku sudah belajar dari laga melawan AS itu.

"Penting bagi kami untuk tidak kalah," kata dia seperti dikutip Reuters.

Dia kini bisa menarik kesimpulan bahwa kekuatan skuadnya relatif merata, sehingga pemain pengganti seperti Moore pun bisa mengubah arah pertandingan dan itu membesarkan hatinya.

Kini, Wales akan dijajal Iran di mana pelatih Carlos Queiroz meminta pemain-pemainnya segera bangkit dari kekalahan telak yang mereka alami sewaktu melawan Inggris.

Sebelum laga ini Wales pernah sekali menghadapi Iran pada laga persahabatan 1978 dan saat itu mereka menang 1-0.

Carlos Queiroz tahu itu statistik lama sehingga tak akan mempengaruhi keyakinannya bahwa Iran akan bangkit. Namun dia harus menunggu kiper utama Alireza Beiranvand bugar kembali setelah diganti pada awal pertandingan melawan Inggris setelah cedera hidung akibat bertabrakkan dengan rekan sendiri Hosseini Majid.

 

Prediksi pemain

Wales (3-4-3): Wayne Hennessey; Chris Mepham, John Rodon, Ben Davies; Connor Roberts, Aaron Ramsey, Ethan Ampadu, Neco Williams; Gareth Bale; Kieffer Moore, Harry Wilson.

Iran (5-4-1): Hossein Hosseini; Sadegh Moharrami, Mortza Pouraliganji, Rouzbeh Cheshmi, Majid Hosseini, Milad Mohammadi; Alireza Jahanbakhsh, Ahmad Noorollahi, Ali Karimi, Ali Gholizadeh; Mehdi Taremi.

Editor: Rusdiyono